Sunday, October 21, 2012

MIGRAIN

SAKIT KEPALA
Yang Mengganggu Produktivitas

MIGRAIN ADALAH SAKIT KEPALA YANG DIRASAKAN PADA SATU SISI KEPALA ATAU DIKENAL DENGAN SAKIT KEPALA SEBELAH WALAU TERKADANG JUGA DAPAT MENYERANG DI KEDUA SISI KEPALA.  KENALI CARA MENGATASINYA.
 
Sakit kepala migrain ini umumnya timbul pada usia 15-55 tahun.  Semula dianggap penyakit keturunan karena banyak ditemukan orang tua yang menderita migrain bersama anak-anaknya.
Wanita lebih banyak diserang penyakit migrain dibanding pria.  Selain rasa sakit kepala, migrain juga disertai dengan gejala mual dan muntah.  Yang menarik adalah penderita menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan suara keras.  Migrain bisa timbul kapan saja, tetapi lebih sering pada pagi hari.  Rasa sakit ini dapat terjadi antara 4 sampai 72 jam.
Ada 2 macam tipe migrain :
1. Migrain Klasik
Ditandai dengan adanya aura, yakni sensasi yang tidak biasa yang dirasakan penderita dan terjadi antara 10-20 menit sebelum timbulnya migrain.  Gejala yang timbul seperti rasa pusing, sensitif terhadap rangsang cahaya dan suara-suara yang keras sampai mati rasa pada salah satu sisi tubuh.
2. Migrain Umum
Pada tipe ini timbulnya migrain tanpa didahului dengan aura.  Tetapi pada kasus yang berat dapat disertai dengan gejala mual dan muntah.

Sampai saat ini penyebab pasti dari migrain masih belum diketahui.  Banyak hal bisa menjadi penyebab.  Gangguan dari pembuluh darah diduga sebagai penyebab utama.  Selain itu masih ada faktor-faktor lainnya yaitu stres, kurangnya jumlah asupan makanan, kurang tidur, perubahan hormon pada siklus menstruasi dan juga perubahan cuaca.  Berbagai jenis makanan dan minuman dapat mempresipitasi timbulnya migrain seperti alkohol, coklat, nikotin, kafein dan juga makanan yang mengandung nitrit dan Monosodium Glutamat (MSG).  Banyak laporan menujukkan bahwa trauma kepala, cahaya yang terlalu terang dan suara-suara yang terlalu keras juga bisa merangsang serangan baru.  Ada juga laporan yang mengkaitkan kasus migrain dengan alat kontrasepsi.

Kapan seorang penderita migrain perlu segera ke dokter atau rumah sakit?
- Sakit kepala berulang yang menyebabkan terganggunya fungsi normal tubuh
- Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh
- Sakit kepala yang sangat hebat dan tidak tertahankan

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan bila sakit kepala migrain datang, paling tidak sebagai tindakan awal sebelum mendapatkan bantuan dokter, yaitu cobalah untuk berbaring atau beristirahat pada tempat yang gelap dan tenang.  Kemudian letakkan kompres es pada bagian kepala yang sakit.  Mandi dengan air dingin juga merupakan pilihan yang perlu dicoba.
Secara sistematis, penderita sebaiknya juga ikut mencatat dan mengenali faktor-faktor yang menjadi pencetus timbulnya migrain.  Catatan yang baik dapat mengungkapkan kapan waktu serangan yang tersering, kegiatan apa saja yang merangsang munculnya sakit kepala, berapa lama terjadinya dan hubungannya dengan kegiatan lain yang dilakukan.
Untuk wanita yang menggunakan kontrasepsi oral dan dirasakan sebagai penyebab timbulnya migrain, sebaiknya menghentikan dulu penggunaan kontrasepsi tersebut.
Bila hal-hal tersebut diatas sudah dilakukan dan masih juga belum sembuh, menjadi indikasi kuat untuk segera mendapatkan pengobatan.  Beberapa macam obat yang bersifat analgesik ringan yang umum seperti parasetamol dapat diperoleh bebas di apotik.  Parasetamol cukup aman bila tidak diminum terlalu sering.  Jika masih tidak ada perubahan, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapat obat-obatan yang spesifik untuk penyakit migrain.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui oleh penderita migrain terutama aspek pencegahannya :

1. Mengatur asupan makanan
Usahakan untuk mengatur asupan makanan secara seimbang.  Makanlah 3 kali sehari.  Jika ingin berdiet, konsultasikan dengan dokter dan lakukan dengan baik.  Makanan yang sehat sangat mempengaruhi pencegahan serangan baru migrain.  Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol, nitrit dan MSG.
2. Olah raga dan aktivitas lain
Olah raga teratur di tiap minggunya akan lebih baik.  Aktivitas kerja juga harus disesuaikan, jangan sampai kerja yang berlebihan membuat kita stres atau kurang tidur dan badan terasa tidak fit.
3. Tidur yang cukup dan berkualitas
Kebiasaan di masyarakat apabila tiba waktunya libur digunakan untuk tidur dalam waktu yang lama adalah kebiasaan yang tidak baik.  Justru hal ini akan memicu timbulnya migrain.  Usahakan tidur teratur seperti ketika beraktivitas sehari-hari, sehingga tidak terjadi perubahan ritme tidur yang mendadak.  Tidur jangan diartikan sekedar berbaring di tempat tidur, tapi tidur yang dibutuhkan adalah lelap.
4. Minum obat teratur
Jika memang diperlukan obat-obatan sebagai upaya pencegahan, maka minumlah secara teratur dengan dosis yang benar.  Tanyakan kepada dokter apa yang harus dilakukan bila kita lupa minum obat dan berapa lama kita harus minum obat-obatan tersebut.
Minum obat-obatan terlalu sering dan dengan dosis berlebihan akan menyebabkan terjadinya "REBOUND" dimana obat-obatan tersebut tidak bisa lagi menolong malah bisa menyebabkan timbulnya migrain.  Ada suatu saat dimana obat yang dipergunakan tidak lagi menolong, ini mungkin terjadi karena terlalu sering digunakan dan ambang sakit telah dilampaui.  Bila obat dirasa sudah tidak cocok, segera konsultasi dengan dokter.

Anak-anak juga dapat menderita migrain.  Seperti orang dewasa, anak-anak juga dapat terkena stres yang menyebabkan migrain.  Sakit kepala migrain dengan gejala mual-muntah kebanyakan dimulai pada masa kanak-kanak.  Frekuensi migrain ini dapat meningkat pada anak-anak di masa pubertas, dan seiring dengan pertambahan umur dapat menghilang atau malah menjadi lebih berat.  Sakit kepala migrain pada anak-anak bisa juga menjadi tanda-tanda serius dan harus mendapat perhatian ekstra.
Hati-hati, jangan memberikan obat sembarangan pada anak-anak karena dosisnya harus disesuaikan dengan umur dan berat badan anak.
Bagi wanita hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter karena beberapa obat dapat membahayakan kehamilan.  Begitu juga dengan wanita yang sedang menyusui, walaupun aman tapi beberapa obat ada yang dapat diserap oleh ASI sehingga harus dihindari.

No comments:

Post a Comment